Skip to main content

PBO - Chapter 2: Understanding Class Definition

Fields

Fields adalah data-data yang didefinisikan oleh suatu class. Fields juga dikenal dengan instance variable.


Constructor

Constructor adalah suatu method yang akan memberikan nilai awal pada saat suatu objek dibuat. Nama constructors sama dengan nama class yang ditempati.


Parameter

Parameter merupakan bagian dari method yang berfungsi untuk memparsing suatu value ke dalam sebuah method yang akan dijalankan. Sebuah method bisa memiliki satu atau lebih parameter.


Method

Method merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu objek. Method didefinisikan dalam class namun dipanggil melalui objek. Terdapat dua jenis method: accessor dan mutator.
- Accessor merupakan sebuah method yang digunakan untuk mengakses atau mengambil nilai dari suatu field.


- Mutator merupakan sebuah method yang figunakan untuk mengubah nilai dari suatu field.


Assignment

Assignment merupakan suatu statement untuk menyimpan suatu value ke dalam sebuah variabel. Dalam statement assignment terdapat assignment operator, yaitu: "=" (sama dengan).


Conditional Satement

Conditional statement adalah statement yang akan menjalankan satu dari beberapa satatement lain yang memungkinkan berdasarkan nilai dari suatu variabel terkait.


Studi Kasus: Ticket Macine

TicketMachine.java

IntMain.java


Output:



Exercise 2.83



Exercise 2.84



Exercise 2.85



Exercise 2.86



Exercise 2.87



Exercise 2.88



Exercise 2.89



Exercise 2.90



Exercise 2.91



Exercise 2.92

Comments

Popular posts from this blog

PBO - FP: 2D Snake Java Based

Untuk final project mata kuliah pemrograman berorientasi objek, saya membuat game yang sudah sangat populer, yaitu snake. Game ini merupakan game dua dimensi yang saya kembangkan menggunakan java. Berikut source code dari game 2D Snake yang saya buat: Berikut adalah display dari 2D Snake yang saya buat: Download JAR file (.jar)

PBO - Game Pong

Pong adalah permainan video generasi pertama yang dirilis sebagai permainan arkade yang dioperasikan dengan koin yang dikembangkan oleh Atari Inc. pada tanggal 29 November, 1972.Pong didasari dari permainan atau olahraga tenis meja (Ping pong), nama permainan ini berasal dari suara yang dihasilkan ketika memukul bola ping pong.Kata Pong telah didaftarkan sebagai merek dari Atari Interactive. Pong dengan cepat menjadi permainan komersial pertama yang sangat sukses, dan merupakan permulaan dari industri permainan video. Tak lama setelah dirilis, beberapa perusahaan berusaha menyalin permainan Pong, dan merilis beberapa permainan baru. Sehingga, Atari memberanikan pegawainya untuk membuat permainan yang lebih inovatif. Beberapa sekuel muncul dengan permainan yang sama, namun dengan fitur baru. Pada permulaan Natal 1975, Atari secara eksklusif merilis versi rumahan Pong via toko ritel Sears. Pada materi PBO kali ini, kita akan membuat game Pong dengan Java. Script Relatio...

MPPL D - Anggaran Membangun Perangkat Lunak (Studi Kasus: Path)

PATH Deskripsi Path adalah sebuah aplikasi jejaring sosial pada smartphone yang memungkinkan penggunanya untuk berbagi gambar dan juga pesan. Penggunaan dari Path ditargetkan untuk menjadi tempat tersendiri untuk pengguna berbagi dengan keluarga dan teman-teman terdekat. Dave Morin, salah satu dari pendiri Path dan CEO dari perusahaan tersebut berkata: "Yang menjadi visi utama kami adalah untuk membuat sebuah jejaring dengan kualitas yang tinggi dan menjadikan pengguna nyaman untuk berkontribusi setiap waktu." Pendanaan Penggalangan dana untuk mendirikian Path diawali oleh 3 pendiri Path yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan sekitar $2,5 juta dari beberapa penyumbang di antaranya Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011, perusahaan ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta untuk modal dasar yang berasal dari Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures ser...